Hargain Donk Profesi Sendiri!!!!

Kesel baget pas tau orang yang paling aku sayangin mesti ganti nomor ponselnya hanya karena udah ga nyaman dengan nomor ponsel tersebut. ngerasa adanya teror kecil-kecilan,,,!!! ancaman dengan harapan imbalan,,Yang paling bikin saya sakit hati adalah … “pelaku teror tersebut adalah orang-orang yang memiliki profesi wartawan” (salah satu profesi yang pernah saya pelajari, praktekan, dan sempat pula tertarik untuk sedikit lebih lama berkecimpung didalamnya). bukan berati majas parsprototo. saya sama sekali tidak menyamaratakan semua orang yang ada diprofesi ini, cuma ga suka ajah mendengar berita itu… (langsung dari sumber yang saya percayai pula..)

saya sendiri pernah tau (dikit) dan blajar (dikit juga :P) tentang kode etik menjadi seorang wartawan, meski saya bukan wartawan,,, atau orang yang kioni sedang menekuni bidang ini secara mendalam tapi setidaknya tahu kalo menjadi seorang wartawan itu memilki kode-kode etik yang harus ditaati,seperti:

1. Wartawan Indonesia menghormati hak masyarakat untuk memper oleh informasi yang benar.

2. Wartawan Indonsia menepuh tata cara yang etis untuk memperoleh dan menyiarkan informasi serta memberikan indentitas kepada sumber informasi.

3. Wartawan Indonesia menghormati asas praduga tak bersalah, tidak mencampurkan fakta dan opini, berimbang dan selalu meneliti kebenaran informasi, serta tidak melakukan plagiat.

4. Wartawan Indonesia tidak menyebarkan informasi yang bersifat dusta, fitna, sadis dan cabul, serta tidak menyebutkan identitas korban kejahatan susila.

5.Wartawan indonesia tidak menerima suap, dan menyalah gunakan profesi.

6. Wartawan Indonesia memiliki hak tolak, menghargai ketentuan embargo, informasi latar belakang dan off the record sesuai kesepakatan.

7. Wartawan indonesia segera mencabut dan meralat kekeliruan dalam penerbitan serta melayani hak jawab.

Dan yang terpenting… !!!! ada 9 elemen jurnalisme yang perlu di pegang teguh juga oleh para wartawan :

1. Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran

2. Loyalitas pertama jurnalisme adalah pada warga

3. Intisari jurnalisme adalah displin dalam Verifikasi

4. Pada praktisnya harus menjaga independensi terhadap sumberberita

5. Jurnalisme harus berlaku sebagai pemantau kekuasaan

6. Jurnalisme harus menydiakan forum publik untuk melakukan kritik ataupun dukungan warga

7. Jurnalisme harus berupayamemberitakan hal hal yang penting secara menarik dan relevan

8. Jurnalisme harus menjaga agar beritanya komprehensif dan proporsional

9. Pada praktisnya harus diperbolehkan mengikuti hati nurani mereka.

ngeliat rentetan kode etik dan elemen2 di atas,, saya jadi kesel sendiri wartawan-wartawan pelaku teror (ya,, apapun lah namanya intinya telah berbuat sesuatu hal yang tidak nyaman,,, :P) itu, mereka lupa apa sama hal hal diatas…???? huuuh kok.. kayaknya ga ngargain profesi sendiri…

kesel.. saya siy jadi kasian ma wartawan lain yang bener2 ngajalanin profesinya dengan baik kayak pak Sahala, salah satu wartawan senior di salah satu surat kabar terkemuka indonesia dan juga dosen saya😛, huff bangga bget dah bisa kenal ma wartawan kayak beliau!

lagian katanya mo ngilangin penilaian buruk terhadap pers… huuuh… gimana bisa, kalo masih ada wartawan yang menyalah gunakan profesi…!!

em,,,lagian kan,, as orang islam ada tuh di al-Quran :” jangan campur baurkan kebenaran dan kebatilan. dan (jaganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu ngengetahui(nya)” (Q.S. Al baqarah,42) sama “hai orang-orang yang beriman! jika datang kepada mu seserang yang fasik membawa berita, carilah keterangann tentang kebenaranya, supaya jagan kam rugikan orang karena tak tahu, sehingga menyebabkan kamu penuh penyesalan atas perbuatanmu (al-hujurat,6)…

ya,,, ntah lah mungkin merekan punya alasan tersendiri untuk melakuakn perbuatan yang tak menyenangkan itu, alasan ekonomi, atau apapun,,, TAPI,, yang pasti saya siy kesel, sebel plus benci, dengan kelakuan yang kayak gitu..

~ by glitterpury on 24/06/2007.

8 Responses to “Hargain Donk Profesi Sendiri!!!!”

  1. Lha, gw pikir gw udah pernah komment dulu? kok ga ada ya?

  2. Yang kemaren itu di blogspot bro🙂 Yang ini bikin baru doi. Pengen ngikut abangnya katanya😳 kekkeekkeke….

  3. Hooooo….ngaku-ngaku :))

  4. (mungkin) mereka memegang teguh prinsip :

    halal kan semua cara, demi sebuah berita.. pa lagi kalo bisa jadi berita/gosip hangat dan HOT, Fresh from the oven..

    🙂

    regards,

  5. @rickisaputra: mungkin juga sih. Bagi mereka kan yang penting oplah ^^

  6. lg males baca ntar deh gw baca lgi!

  7. YaeLah neng pury, masih inget sama teori bgituan. yg diajarin ma sahat!!capedeyy… hahaha. Btw, masih ada catetannya lo??kode etik wrtawan gw ga tau kmana?..smua itu omong kosong!

  8. wkakakakakak……. bo… devan,,, temen2 kita yang anak jurnal pa kabarnya bu???? kalo itu cuma omong kosong😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: