Vaksinasi Kanker Rahim (Cervical Cancer)

ngedengar Maia ahmad mao vaksinasi Kanker rahim,,, temen kosan saya bilang : “Emang ada ya?!!Bo, mau eike..!!”

eit, tunggu dulu.. jangan sembarang maen mau ajah…. beneran Vaksinasi ini ada?? ada Efek sampingnya kah? dan seberapa jauh pengaruhnya bagi tubuh kita :D…

Kanker Rahim dan Faktanya !! nama lainnya cervical cancer. Setiap tahunnya sekitar 500.000 perempuan didiagnosa menderita kanker rahim dan lebih dari 250.000 meninggal dunia karena penyakit ini. Total 2,2 juta perempuan di dunia menderita kanker Rahim. Kanker Rahim cenderung muncul pada perempuan berusia 35-55 tahun, namun dapat pula muncul pada perempuan dengan usia yang lebih muda.Di Indonesia, diperkirakan setiap harinya terjadi 41 kasus baru kanker serviks dan 20 perempuan meningal dunia karena penyakit tersebut. penyakit ini cukup adil, kenapa adil? ya karena tidak dalam “peyerangannya’ tidak memandang kaya ataukah miskin, cantik atau tidak, gendut ataukah kurus si objek penderita. Tapi yang pasti si penderita ini (pastilah) memiliki rahim. dengan kata lain. wanita lah sasaran utamanya.

Tentang Vaksin!! Penghasil Vaksin ini pertama kali adalah Gardasil. Vaksin tersebut bekerja dengan mendorong sistem kekebalan tubuh manusia menyerang dua turunan virus papiloma manusia atau HPV(Human Papiloma Virus), yang menyebabkan 70 persen kasus kanker rahim. Uji coba yang dilakukan pada tahun 2005, oleh badan internasional menemukan bahwa vaksin ini 100 persen efektif dalam mencegah kanker stadium dini dan ketidak normalan akibat turunan virus yang muncul sebelum kanker terjadi. Salah satu keuntungan vaksin itu adalah bisa mengganti pemeriksaan rahim dan bisa diterapkan di negara-negara miskin yang tidak bisa membeli peralatan pemeriksaan rahim tersebut.

Vaksin yang masuk ke Indoensia adalah jenis vaksin Quadrivalent HPV, yang dapat memberikan kekebalan pada HPV tipe 6, 11, 16 dan 18. Walau saat ini diketahui ada 120 jenis HPV, hampir 90% kanker serviks disebabkan oleh empat tipe yang ter-cover oleh vaksin quadrivalen tersebut.
Efek Samping?? vaksin ini aman dan tidak ada efek samping bila digunakan, pasalnya, vaksin ini juga telah dipakai di Singapura, Thailand dan Malaysia.

Kapan Sebaiknya Vaksinasi ini Diberikan ?? Doktor Eliav Barr, kepala pengembangan klinis Merck, mengatakan vaksin ini kemungkinan bekerja lebih efektif jika diberi kepada anak perempuan sebelum akil balik, kemungkinan saat berusia antara 10-13 tahun. “Ini adalah vaksin pencegahan, jadi sangat penting jika vaksin ini diberikan kepada kaum wanita sebelum terinfeksi. Rata-rata kaum wanita terinfeksi saat berusia antara belasan tahun dan awal dua puluhan. Waktu yang paling optimal untuk memberi vaksin ini adalah sebelum melakukan hubungan seksual pertama kali.”

Harga Vaksin ??? Harga vaksin untuk kanker rahim saat ini masih teramat mahal. Untuk sekali suntik, biayanya berkisar antara Rp900 ribu-Rp1 juta. Penyuntikan sendiri harus diulang pada bulan ke dua setelah suntikan pertama dan enam bulan kemudian. Jadi kisarannya, untuk tiga kali paket suntikan biayanya bisa mencapai Rp3,5 juta lebih. Ini belum termasuk ongkos dokter ongkos ankot dan ongkos ojek:mrgreen: namun, diprediksikan dalam 3 hingga 4 tahun ke depan kemungkinan harga vaksin sudah lebih murah dan terjangkau (ngarep mode). Tapi, beberapa sekolah diadakan vaksinasi secara geratis. (mau dunk!!) cuma masa saya nyamar jadi anak smp??😛

Hadirnya vaksin ini setidakna dapat mengurangi ke”parno”an saya dan mungkin jutaan wanita diluar sana. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan? tapi kapan ya? harga vaksinnya turun?? Mao sehat ajah kok mahal!!😀 [protes mode….]

~ by glitterpury on 12/03/2008.

8 Responses to “Vaksinasi Kanker Rahim (Cervical Cancer)”

  1. it’s nice… good luck for you..

  2. denger2 katanya gak ada efek-nya kalo disuntikkan pada wanita yang sudah aktif secara seksual/ menikah.. harus disuntikkan SEBELUM aktif melakukan seks… alias masih ABG

    kalau Maia sih…

  3. yah, kalo maia sih…. telat kaleeee…
    tp katanya (kt dosenq lho ya), meski dah sexually-active tetep dpt manfaat dr vaksin ini, tp hrs ditest dulu apakah dia dah terinfeksi oleh HPV itu atau belum.
    karena kekebalannya jauh berbeda antara yg didpat dr infeksi aktif dengan kekebalan yg didpt dari vaksin.

    jd…menurutku yg jd kendala nih (setuju bgt!) adalah UANG! lha mahal banget! terutama bagi kita penduduk negara-berkembang (meski ga jelas yg berkembang apanya y?). denger2 di australia geratis lho!

    ps:kalo mo vaksin di tempatq 1.350.000 sekali vaksin. @ Pusat Deteksi Dini Kanker, jl.trunojoyo 63 surabaya.
    (ehem2,numpang promosi ya, hehehe)

    salam!

  4. kalau memang waktu yang paling optimal pemberian vaksin adalah pada wanita yang belum pernah berhubungan intim pertama kali,bagaimana dengan wanita yang sudah melahirkann?Apakah sudah tidak bisa diberikan vaksin ini?

  5. bisa minta data tentang angka kejadian kanker rahim di ASEAN ngga???

    Butuh nech

  6. suntiknya dibagian mana tu mba???
    klo di jakarta kira2 yg udah ada di dokter mana ya?masa sih ga ada efek sampingnya?cw aja klo suntuik kb, siklus hormonnya jd ga normal apalagi dikasih vaksin gtu..hmm…makin susah aja dpt momongan klo knp2

  7. hmmm, jadi kalo gtu aman yaa?
    gw dapet free loh vaksin nya :p
    tapi lagi cari cari tau, ada efek samping ga?
    dan suntik nya bikin sakit panas ataw gimana ga, hehe..
    tau ga kamu?

  8. hmmm, jadi kalo gtu aman yaa?
    gw dapet free loh vaksin nya :p
    tapi lagi cari cari tau, ada efek samping ga?
    dan suntik nya bikin sakit panas ataw gimana ga, hehe..
    tau ga kamu…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: